RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Geliat Sastra Kotagede melalui Diskusi dan Angkringan Sastra Orang Bersastra Memiliki Kemampuan Mengkomunikasikan Bahasa Simbolik

Dinas Kebudayaan Kota Jogja - Fuad Nugraha | 20 Maret 2023
Geliat Sastra Kotagede melalui Diskusi dan Angkringan Sastra Orang Bersastra Memiliki Kemampuan Mengkomunikasikan Bahasa Simbolik


Diskusi dan Angkringan Sastra digelar di Pendopo Sekretariat Sastra Mbeling kampung Dolahan Kotagede, Jumat (17/03) malam.

Agenda yang diinisiasi Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta ini semarak dengan hadirnya ratusan penikmat sastra.

Malam yang berselimut mendung semakin membawa kedekatan sastrawan beda generasi yang berbaur menampilkan aksi monolog, baca puisi dan juga diskusi. Suasana akrab juga terasa tatkala penikmat sastra dari berbagai latar belakang: warga sekitar, mahasiswa sastra, bahkan turis mancanegara duduk bersila di atas tikar sembari wedangan menikmati menu angkringan. Panggung sastra bernuansa etnik tradisional Jawa, berupa pendopo limasan yang berhias ornamen unik dan apik mencirikan Kotagede di masa lalu.

Sastrawan muda Noorty Ida Ayuningrum membacakan puisi karya Emha Ainun Nadjib berudul : 99 Untuk Tuhanku, Achika Afriyati membaca karyanya sendiri berjudul Bhineka Tunggal Ika, FX. Joko Sarwono membaca Geguritan berjudul Bebadra, Angin, Kidung Mawar.

Juga penampilan pertunjukan Sastra Ngudarasa. Dua karya sastra ngudarasa Mustofa W Hasyim berjudul Ki Ageng Miskin dibawakan oleh Puji Widodo dan Telunjuk Sunan Kalijaga oleh Tegar Imani. Penampilan ini sangat memukau penikmat sastra yang hadir.

Tokoh masyarakat Kotagede Heniy Astiyanto mengatakan bahwa Sastra Mbeling adalah paguyuban seni sastra yang didirikan pada 2015 oleh almarhum Brisman HS dan Aris Purwoko. Saat ini dimotori oleh Erwito Wibowo dan Mustofa W Hasyim. “Kita berkesenian di Kotagede yang rasa budayanya sangat melekat. Terimakasih kepada Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta yang telah memfasilitasi agenda ini,” tuturnya.

Diskusi sastra disampaikan oleh Achmad Charis Zubair, Erwito Wibowo dan Mustofa W Hasyim, dengan moderator Dinar Setiawan.

Pada kesempatan itu Charis menyampaikan pengalaman bersastra di Kotagede. Sebagai pelaku sastra bersama komunitas sastra yang tumbuh di kampung Kotagede ia menjadi saksi aktivitas sastra yang berbaur dengan warga sejak lama.

Menurut Charis lingkungan sosial budaya di Kotagede memang mendukung tumbuhnya ekosistem sastra. Dulu di Kotagede tahun 1930-an sudah ada toko buku SN 26 dan toko buku Merpati. Kemudian diikuti hadirnya perpustakaan Pemuda Muhammadiyah dan perpustakaan Apik, juga pendopo-pendopo warga yang menjadi tempat aktivitas sastra.

Hingga tahun 1970-an sastrawan besar seperti Linus Suryadi AG, Umbu Landu Paranggi, Emha Ainun Najib, Darwis Khudori, Slamet Kuntohaditomo hingga Mustofa W Hasyim tercatat sejarah telah berproses kreatif sastra di Kotagede.

Lanjut Charis, sastra merupakan ekspresi seni budaya yang luar biasa. Orang bersastra memiliki kemampuan mengkomunikasikan bahasa simbolik.

Sementara Erwito Wibowo bertutur bahwa kedatangan tokoh sastra di masa lalu ke Kotagede berpengaruh pada ketertarikan generasi muda pada sastra. Maraknya lomba-lomba sastra membawa pengaruh baik dengan munculnya generasi sastrawan hasil lomba.

“Gelora sastra anak muda di Kotagede perlu ditumbuhkan lagi. Sastra Mbeling memfasilitasi hal ini melalui kegiatan jagongan seni, pelatihan penulisan sastra dan juga pertunjukan. Melalui agenda ini, dunia sastra juga didekatkan dengan masyarakat oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta,” tambahnya.

Kepala Bidang Sejarah Permuseuman Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta yang membuka acara tersebut menyampaikan ucapan terimakasih atas terlaksanakanya agenda ini dengan antusias penikmat sastra yang menggembirakan. Pihaknya juga menyampaikan bahwa upaya pelestarian sastra merupakan salah satu tugas pokoknya. Agenda Diskusi dan Angkringan Sastra ini menjadi awalan dari agenda besar tahunan Festival Sastra yang puncaknya akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.

Sementara Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta Ismawati Retno mengatakan bahwa pihaknya memiliki semangat yang besar untuk menggelorakan lagi geliat sastra di penjuru Kota Yogyakarta. Agenda sastra dirancang pada tahun 2023 ini agar aktfitas sastra semakin menyentuh banyak warga kota. Harapannya Yogyakarta kembali menyandang identitas sebagai Ibu Kota Sastra.

RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF