RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Kolaborasi Disbud Kota Jogja dengan PT KAI, Sastrawan Berpuisi di Kereta Bandara

Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta - Fuad Nugraha | 14 November 2022
Kolaborasi Disbud Kota Jogja dengan PT KAI,  Sastrawan Berpuisi di Kereta Bandara

Terobosan baru dilakukan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta dalam merayakan sastra. Berkolaborasi dengan PT KAI Daop 6 Yogyakarta dan Gramedia Sudirman Yogyakarta, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta mengajak sastrawan berpuisi di dalam kereta bandara.

Tepatnya pada Sabtu, 12 November 2022, sejumlah sastrawan beraksi. Joko Pinurbo, Sekar Sari, dan Rendra Bagus Pamungkas bergantian membaca puisi di dalam kereta bandara yang berangkat pukul 12.10 WIB siang dari Stasiun Yogyakarta menuju Yogyakarta International Airport. Sejumlah puisi Joko Pinurbo dibacakan, termasuk yang berjudul “Jogja Berhati Nyam-Nyam”.

Tidak hanya membaca puisi, ada pula penampilan pantomim dari 10 orang anggota Rumah Pantomim Yogyakarta. Mereka mengenakan kaos putih bertuliskan bait-bait puisi Joko Pinurbo. Aksi serupa kembali dilakukan dalam perjalanan kereta bandara dari YIA menuju kembali ke Stasiun Tugu yang berangkat pukul 13.10 WIB.

Selama kurang lebih 40 menit perjalanan kereta bandara, penumpang disuguhi hiburan puisi dan aksi pantomim. Sejumlah penumpang terlihat antusias dan ikut mengabadikan aksi baca puisi dan pantomim tersebut.

Terobosan ini merupakan bagian dari rangkaian Festival Sastra Yogyakarta yang berlangsung sejak 6—13 November. “Gerbong Sastra”, tajuk aksi ini, sekaligus menandai penutupan Festival Sastra Yogyakarta 2022.

Di hari terakhir agenda Festival Sastra Yogyakarta, masih berlangsung kegiatan Workshop Menulis yang diisi oleh penulis Iqbal Aji Daryono dan pameran sastra Jawa berupa manuskrip, mesin tik, dan lain-lain di Gramedia Sudirman Yogyakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti, S.Sos., M.M menyampaikan bahwa sastra bisa dirayakan di mana saja, termasuk di dalam kereta. Gerbong Sastra ini menjadi upaya pihaknya untuk menggemakan sastra di ruang-ruang publik.

Sementara itu, Joko Pinurbo mengaku terkesan dengan penyelenggaraan Festival Sastra Yogyakarta. “Ada suasana intim guyub, antara pengisi dan penonton. Serta acara diselenggarakan di ruang publik bisa dinikmati masyarakat luas, tidak hanya kalangan seni sastra tapi umum," jelasnya.



RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF