RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Lomba Menulis dan Mendongengkan Cerita Tentang Folklore Di Kota Yogyakarta

Dinas Kebudayaan Kota Jogja - Fuad Nugraha | 07 Juli 2022
Lomba Menulis dan Mendongengkan Cerita Tentang Folklore Di Kota Yogyakarta



Potensi cerita rakyat berbasis folklore di Kota Yogyakarta sangat menarik untuk jadi obyek material bersastra dalam media dongeng. Potensi tersebut sangat perlu untuk dimunculkan dan dikembangkan. Sejatinya cerita rakyat berbasis folklore mengandung nilai kebaikan akhlak mulia yang berkontribusi pada pendidikan karakter bagi generasi muda.

Berpijak pada premis itu Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menggelar Lomba Dongeng dalam rangka Kompetisi Bahasa dan Sastra tahun 2022.

“Lomba ini terbuka untuk warga masyarakat ber-KTP/KIA Kota Yogyakarta tanpa batasan usia. Pendaftaran dibuka mulai 18 hingga 30 Juli 2022 melalui link yang akan diinformasikan di instagram @dinaskebudayaankotajogja,” jelas Ismawati Retno Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Rabu 6 Juli 2022.

Ia menjelaskan bahwa pendaftaran dilakukan dengan mengirimkan naskah serta rekaman mendongeng berbahasa Indonesia dengan durasi paling lama 10 menit dengan kostum bebas sopan, dan diperbolehkan menggunakan alat peraga, property dan music iringan. Naskah yang dikirim disertai surat pernyataan keaslian. Video yang dikirim tanpa melalui proses editing dan memperlihatkan seluruh badan peserta (bukan close up);serta dalam format MP4 dengan sudut pengambilan gambar horizontal (landscape). Pada perekaman video tersebut peserta tidak diperbolehkan menyebutkan identitas diri dan atau menggunakan perlengkapan yang dapat menunjukkan identitas diri/ daerah/ sekolah.

Kriteria penilaian : Naskah dongeng : 20%, Kesesuaian materi dengan tema : 10%, Alur cerita : 20%, Penampilan (Gestur, vokal, ekspresi, penghayatan, mimik) : 50%, File Video diberi nama Dongeng (spasi) Nama (spasi) Asal. Contoh: Dongeng Andi Gondokusuman; Link pendaftaran dan pengiriman video akan diberitahukan lebih lanjut.

Penjurian untuk menentukan 5 (lima) nominasi. Yuri berasal dari unsur pelaku seni sastra di Kota Yogyakarta. Keputusan juri bersifat mutlak dan dapat dipertanggungjawabkan. Pengumuman nominasi akan diumumkan melalui media sosial Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta. Nominasi yang telah terpilih, selanjutnya akan diseleksi langsung untuk menentukan pemenang.

Hadiah bagi pemenang pertama hingga kelima uang tunai sebesar 1 juta rupiah, 900 ribu rupiah, 800 ribu rupiah, 700 ribu rupiah dan 600 ribu rupiah, serta piagam dan tropi.

Petunjuk teknis dapat diunduh di tautan berikut:
https://kebudayaan.jogjakota.go.id/detail/index/21661

RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF