RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Perbedaan Baking Powder dan Soda Kue

Widia Gita | 19 Oktober 2021
Perbedaan Baking Powder dan Soda Kue

Kenalan Yuk Sama Baking Powder dan Soda Kue

Pemiarsa Retjo Buntung, mengisi hari libur atau hari-hari senggang dengan membuat kue-kue untuk keluarga, mungkin akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, yang bisa dilakukan bersama anak-anak. Membuat kue, memerlukan bahan-bahan yang kadang membuat kita bingung untuk membedakan kegunaannya. Misalnya seperti soda kue dan baking powder. Sama-sama berbentuk serbuk putih. Apa sih bedanya dan seperti apa penggunaannya ?

Yuk, kita kulik bersama ya...

Baking soda atau soda kue, dan baking powder sering tertukar karena memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda. Tetapi jika salah atau tertukar dalam penggunaannya, akan berpengaruh pada hasil akhir masakan kue kita, karena memiliki fungsi yang berbeda dan menghasilkan kue yang berbeda pula. Perlu diketahui meskipun keduanya sama sama pengembang yang bersifat kimiawi, yakni melepas gas karbondioksida sehingga tercipta gelembung, namun kedua bahan ini tidak bisa menggantikan satu sama lain. Walaupun kadang ada resep yang menyertakan keduanya. Jadi, gimana dong membedakannnya ?. Simak yuk...

Baking soda atau soda kue adalah pengembang kue yang memiliki kandungan 100% zat kimia yang diberi nama sodium/natrium bikarbonat. Kalau baking powder ada bahan tambahan lainnya seperti cream of tartar yang bersifat asam dan bahan pengering. Meskipun fungsinya sama sebagai pengembang kue, tetapi tidak bisa sembarangan mencampur kedua bahan tersebut ke dalam satu resep kue.  Kalau baking soda paling cocok dipakai untuk resep kue yang dioleh dengan cara dikukus atau dipanggang. Nah kalau baking powder lebih cocok dengan resep kue yang tidak mengandung asam dan lebih baik digunakan untuk kue kering.

Jika pemiarsa membuat kue dengan menggunakan bahan yang mengandung asam seperti susu, coklat, yogurt dan buttermilk atau jenis bahan lainnya yang mengandung asam, sebaiknya sih gunakan baking soda saja sebagai pengembangnya. Baking soda atau soda kue tidak akan bereaksi dengan sendirinya tanpa senyawa asam yang terkandung dalam bahan-bahan kue.

Kalau baking soda ini ditambahkan ke dalam adonan kue, maka reaksi kimianya akan segera terjadi seiring dengan kenaikan suhu. Jadi itulah sebabnya harus segera memanggang atau mengukus adonan. Jika didiamkan terlalu lama, yang akan terjadi adalah adonan kue tidak mau mengembang alias bantat.

Untuk adonan yang tidak menggunakan bahan asam akan lebih cocok menggunakan baking powder. Baking powder sendiri ada 2 jenis, yakni double acting dan single acting. Adonan kue yang mengandung double acting akan tetap mengembang jika dikukus atau dipanggang dan bisa tahan lama diruangan. Kalau single acting bisa menjadikan kue jadi bantat kalau tidak segera dikukus atau dipanggang.

Nah, sekarang kita bisa mengetahuinya kan, dari perbedaan soda kue dan baking powder. Soda kue cocok untuk panganan yang dipanggang atau dikukus. Sedangkan, baking powder sebaiknya digunakan untuk kue yang tidak memiliki bahan asam. Meskipun keduanya memang sama-sama berfungsi untuk pengembang kue. Kita kulik lebih dalam lagi yuk tentang baking powder dan soda kui ini.

Berikutnya yang perlu pemiarsa ketahui, Soda Kue dan Baking Powder ternyata bisa kedaluwarsa lho. Untuk memastikannya lakukan hal berikut untuk mengujinya, tuangkan 3 sendok makan air hangat ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan 1/2 sendok teh baking powder. Aduk perlahan, jika campuran mengeluarkan sedikit desis itu artinya baking powder masih bagus. Untuk menguji soda kue, tuangkan 3 sendok makan cuka putih ke dalam mangkuk kecil, tuangkan 1/2 sendok teh soda kue. Lalu, aduk perlahan. Campuran akan cepat menggelembung jika soda masih segar. Jika tidak ada reaksi, berarti sudah tidak bagus.

Masih ngulik seputar baking powder dan soda kue, penggunaan bahan tersebut jika tidak sesuai takaran akan seperti apa sih ?. Kue yang mengandung baking soda, biasanya mempunyai rasa yang lebih getir. Itulah sebabnya kenapa baking soda tidak digunakan dalam jumlah yang banyak. Tapi biasanya rasa getir itu akan tertupi dengan bahan asam seperti yogurt, susu dan bahan asam lainnya. Tetapi kalau baking powder tidak akan menimbulkan rasa getir pada kue, meskipun penggunaanya cukup banyak. Karena baking powder sudah memiliki campuran bahan asam.

Nah, sekarang, saatnya yuk kita masak kue-kue kesukaan keluarga. Lain kesempatan kita kulik lagi ya tentang “perkuean” ini dengan bahan yang lainnya. Simak juga, Program SIAGA, Inspirasi Keluarga, di Radio Retjo Buntung ya....Terima kasih, dan permisi....


RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF