RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Indigo Challenge Program Inovasi Hackathon Bantu Sinergi Startup dengan Telkom Group

Tim IndiGo Telkom - Fuad Nugraha | 27 Oktober 2022
Indigo Challenge Program Inovasi Hackathon Bantu Sinergi Startup dengan Telkom Group

Indonesia merupakan salah satu dari sepuluh negara dengan jumlah perusahaan rintisan (start up) terbanyak di dunia pada 2022. Berdasarkan data yang dilansir dari Startup Ranking, Indonesia memiliki lebih dari 2340 startup dan menduduki posisi kelima terbanyak dari sepuluh negara lainnya.  

Perkembangan startup di Indonesia sendiri berjalan bersamaan dengan pertumbuhan internet dari tahun ke tahun. Maka dari itu, PT Telkom Indonesia melalui Leap-Telkom Digital (Leap) sebagai salah satu penunjang internet terbesar di negara ini terus berkontribusi dengan membuat program pengembangan startup bernama Indigo. Indigo Challenge sendiri merupakan kegiatan yang diadaptasi dari Indigo Hackathon Festival dengan tujuan membantu para startup terbaik di Indonesia untuk mengubah ide mereka menjadi solusi digital yang mampu bersinergi dengan ekosistem digital Telkom, serta berdampak kepada masyarakat.

“Dengan berubahnya nama menjadi Indigo Challenge (yang sebelumnya Indigo Hackathon Festival), kita berusaha menghadirkan inovasi baru setiap tahunnya. Indigo akan membuat sinergi dengan Tribe untuk menyampaikan challenge di lapangan serta melakukan validasi dari sisi produk para startup.” ujar Ibnu Mas’ud, Pre-Startup & Discovery Manager Indigo.

Secara konsisten, Indigo selalu memberikan tantangan kepada innovator dan startup melalui programnya. Hackathon yang kini berubah menjadi Indigo Challenge ini telah terlaksana sejak 15 Agustus 2022. Adapun kategori startup yang Indigo cari adalah Agriculture/Fishery, UMKM, Logistic, Smart City, Education, Tourism, Health, dan Big Data Tech. Pemilihan kategori ini didasarkan dari kebutuhan Telkom Group sendiri. Program ini banyak diminati oleh para penggiat startup, terbukti pada masa registrasi yang lalu, sebanyak 167 startup mendaftar dan hanya 40 diantaranya yang berhasil mengikuti rangkaian kegiatan berikutnya.

Kegiatan ini pun disebut berbeda dengan kesempatan sebelumnya, karena ada format tambahan di dalamnya, seperti Mini Incubation, mentoring bersama Tribe Telkom, dan berkesempatan untuk bersinergi dengan Telkom Indonesia. Startup terpilih akan menjalani kegiatan mentoring dengan berbagai toping seperti 1on1 Mentoring dengan Tribe/Indigo Management, 1on1 Mentoring dengan startup membahas topik “Customer Validation”, dan 1on1 Mentoring dengan startup dengan topik “What’s Next After Validation?”. Adapun para mentornya seperti Rizqi Mulyantara HS (CEO DigiTiket), Sony Rachmadi Purnomo (CEO RunSystem), Guritno Adi Saputra (CTO & CoFounder Privy), dan masih banyak lagi.


Peserta yang tidak pernah melewatkan rangkaian kegiatan Indigo Challenge dan berhasil mengimplementasikan ilmunya berkesempatan untuk pitching di hadapan dewan juri, selangkah lebih dekat untuk menjadi startup binaan Indigo. Indigo juga menghadirkan beberapa hal yang menjadi poin penilaian startup yang untuk memenangkan tantangan kali ini yaitu validasi problem, validasi produk dan sesi presentasi. Penilaian juga berdasarkan hasil dari Mini Incubation dan Hacking Time sebelumnya.

Acara yang berlangsung di IndigoHub Jogja pada 20 Oktober 2022 silam dihadiri sepuluh finalis startup dan juga manajemen Indigo. Pada “Final Pitching & Awarding Day Indigo Challenge 2022” proses pitching dan tanya jawab berlangsung. Suasana semakin hangat dikarenakan hadirnya Agus Faisal, General Manager Witel Yogyakarta. Beliau memberikan suntikan semangat kepada para peserta sebelum berkompetisi lebih lanjut, “Saya ucapkan semangat kepada para peserta yang akan pitching, teruslah berjuang, dan berikan penampilan semaksimal mungkin. Semoga semuanya lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik.”

Setelah semua finalis melakukan pitching, akhirnya waktu yang ditunggu para peserta pun tiba, yaitu untuk mendengarkan pengumuman. Berdasarkan hasil diskusi dan penilaian para dewan juri, Lulusnegeri, Adventureaja, dan Monacate keluar menjadi pemenang. Lulusnegeri menempati urutan pertama dengan hadiah senilai Rp40 juta, kemudian Adventureaja menduduki posisi kedua dengan membawa pulang Rp30 juta, dan Monacate meraih peringkat ketiga dengan nilai hadiah sebesar Rp20 juta.

Salah satu juri, Dinoor Susatijo sebagai Senior Manager Indigo Management memberikan selamat serta semangat kepada finalis, “Selamat kepada para pemenang serta finalis Indigo Challenge 2022. Jadi, acara ini bukanlah akhir dari perjalanan rekan-rekan dalam proses memvalidasi bisnisnya, melainkan sebuah batu loncatan awal serta sebuah momentum penting buat teman-teman untuk bisa lanjut berkarya.”

Selain itu, beliau juga menekankan bahwa Indigo akan sangat terbuka untuk kolaborasi, serta masih banyak kegiatan yang bisa diikuti untuk bergabung bersama Indigo dan bisa bersinergi dengan ekosistem Telkom Indonesia.





RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF