RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Pawiyatan Panatacara

Dinas Kebudayaan Kota Jogja - Fuad Nugraha | 28 April 2024
Pawiyatan Panatacara

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta melalui Seksi Bahasa Sastra menyelenggarakan Pawiyatan Panatacara. Kegiatan ini dilaksanakan secara intensif selama 16 kali pertemuan setiap hari Rabu malam, mulai 24 April hingga 7 Agustus 2024, dan akan diakhiri dengan penutupan wisuda. Lokasi pelaksanaan pawiyatan bertempat di lantai 2 sayap utara Taman Budaya Embung Giwangan. 

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta Yetti Martanti, S.Sos., M.M. dalam acara pembukaan pawiyatan mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Pawiyatan Panatacara merupakan salah satu wujud nyata dari upaya pemerintah dalam menjaga, melestarikan, dan mengembangkan kebudayaan lokal, khususnya dalam bidang bahasa dan sastra Jawa, Rabu (24/4). Melalui kegiatan tersebut, pihaknya berharap dapat memberikan ruang bagi masyarakat untuk lebih memahami dan mengapresiasi seni panatacara serta memperkaya khasanah budaya Indonesia.

Pawiyatan Panatacara tahun 2024 ini menyediakan kesempatan bagi 20 orang warga Kota Yogyakarta. Para peserta terseleksi dari ratusan pendaftar. Mereka sudah memenuhi kriteria yang ditentukan, yaitu warga ber-KTP Kota Yogyakarta, usia maksimal 45 tahun (pria dan wanita), dan berkomitmen mengikuti program hingga selesai yang disertai surat pernyataan. Sebagian peserta memiliki latar belakang praktisi panatacara/pambagyaharja pemula yang sudah terbiasa ngemsi di wilayah kampungnya. 

Kegiatan ini menggandeng panatacara professional sebagai narasumber, yakni Faizal Noor Singgih dari Paguyuban Panatacara DIY dan Tri Handoko Putro dari Paguyuban Panatacara Yogyakarta cabang Kota Yogyakarta. Selama 16 kali pertemuan ke depan, peserta akan dibekali materi seputar sangune panatacara, dhasar panatacara, busana, panatacara umum lan pambagyaharja, bab lamaran, bab manten, boyong manten, lelayu/sripah. Pawiyatan tidak hanya diselenggarakan dengan metode ceramah saja, namun juga praktik. Harapannya, peserta dapat mengambil manfaat sebanyak mungkin dari program ini untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Yetti Martanti juga menyampaikan bahwa selain memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Jawa, menjadi seorang panatacara atau MC juga memiliki nilai penting dalam konteks sosial kemasyarakatan. 

Kemampuan berbicara di depan umum, mengatur acara dengan baik, serta membangun interaksi yang positif dengan beragam orang adalah keterampilan yang sangat berharga dalam berbagai bidang profesi dan juga kehidupan sehari-hari. “Menjadi seorang panatacara juga dapat membuka peluang kerja yang luas, baik sebagai MC acara formal maupun informal, sehingga memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan karier dan penghidupan,” pungkas Yetti.

RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF