RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Dinas Kebudayaan Kenalkan Kawasan Cagar Budaya Lewat Culture Fun Run #1 2023

Dinas Kebudayaan Kota Jogja - Fuad Nugraha | 06 Maret 2023
Dinas Kebudayaan Kenalkan Kawasan Cagar Budaya Lewat Culture Fun Run #1 2023

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menggelar Culture Fun Run #1 2023, Minggu (5/3) pagi di Teras Malainoro 2. Kegiatan yang diikuti oleh ratusan masyarakat Yogyakarta dan kepala Organisasi Perangkat Daerah Kota Yogyakarta ini berlangsung sukses.

Culture Fun Run #1 2023 merupakan event lari yang pertama kali digelar oleh Dinas Kebudayaan. Ratusan peserta dari berbagai kalangan dari anak hingga dewasa turut memeriahkan kegiatan ini. Mereka dilepas oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Ir. Aman Yuriadidjaya, M.M pada pukul 06.00 WIB di Pintu Barat Teras Malioboro 2. Ratusan peserta berlari santai menempuh jarak 7,5 kilometer menyusuri tiga kawasan cagar budaya Kota Yogyakarta yaitu KCB Keraton, KCB Pakualaman, dan KCB Kotabaru.

Sekretaris Derah Kota Yogyakarta Ir. Aman Yuriadidjaya, M.M dalam sambutannya menyatakan bahwa Kota Yogyakarta memiliki empat Kawasan Cagar Budaya yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Yogyakarta berusaha mengenalkan keunikan setiap kawasan melalui sebuah kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung sehingga muncul kesadaran untuk turut serta dalam pelestarian cagar budaya.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta Yetti Martanti, S.Sos.,M.M saat ditemui di sela-sela acara, pihaknya menyatakan Culture Fun Run merupakan sebuah inovasil kegiatan perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan kawasan cagar budaya sebagai sebuah ruang publik.

Beberapa peserta tampak memakai kostum dan merias wajah warna warni seperti mengenakan kostum pohon beringin kembar, tokoh wayang Gatotkaca, Bergada, dan karakter lain yang mengindektikan budaya Yogyakarta. Untuk mengapresiasi kreatifiitas peserta, Dinas Kebudayaan memberikan hadiah kepada sepuluh pemenang Best Costume dan dua pemenang Best of the Best Costume pada pagi tadi.

“Kami berusaha mengenalkan keunikan kawasan cagar budaya kepada masyarakat melalui lomba Best Costume bagi peserta Culture Fun Run yang memakai kostum representasi salah satu kawasan cagar budaya”, ujar Yetti.

Di sela-sela acara tersebut,puluhan hadiah menarik dari sponsor diberikan kepada peserta Culture Fun Run diantaranya Sepeda, Lemari Ice, Voucher belanja, dan beberapa produk lain. Masing-masing peserta diberikan pertanyaan oleh MC tentang kebudayaan. Hadiah secara langsung diberikan bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan benar.

Selain itu, kegiatan Culture Fun Run juga dimeriahkan oleh penampilan Band RT/RW yang menyanyikan beberapa lagu hits masa kini. Peserta Culture Fun Run dan pedagang Malioboro tampak hanyut dalam kemeriahan acara dengan bergoyang bersama diiringi alunan music dangdut.

Kesuksesan Culture Fun Run #1 2023 tidak lepas dari dukungan para sponsor seperti Bank BPD DIY, Le Minerale, Bank Jogja, Hydro Coco, Gojek, Fitbar, Jogja Bike, Hamzah Batik, Dagadu, Entrasol, Aveta Hotel, Azqiara, Novotel Suites Yogyakarta Malioboro, Reddoorz, Malio Gelato, Bakpia Juwara Satoe, The 101 Hotel, Malyabhara, dan Komunitas lari RIOT Jogja.

Cultur Fun Run #1 2023 diharapkan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk turut serta melestarikan icon-icon kebudayaan di masing-masing kawasan cagar budaya. Karena sejatinya, keberadaan kawasan ini merupakan gambaran perkembangan Kota Yogyakarta dari masa ke masa.


RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF