RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Jaga Identitas Yogyakarta, Disbud Kota Yogyakarta Gelar Macapat Rikat Rakit

Icha Dara | 17 Mei 2024
Jaga Identitas Yogyakarta, Disbud Kota Yogyakarta Gelar Macapat Rikat Rakit


Perayaan budaya kembali digelar oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Kamis-Jumat Sore 16-17 Mei 2024 di Taman Budaya Embung Giwangan, Kota Yogyakarta.
”Pergelaran Macapat Rikat Rakit Raket 2024 merupakan bentuk tekad kami untuk menjaga dan menghidupkan seni ini sebagai bagian tak terpisahkan dari warisan budaya adiluhung Yogyakarta,” kata Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta Yetti Martanti, S.Sos, M.M, saat membuka agenda Pergelaran Macapat Rikat Rakit Raket, Kamis Sore 16 Mei 2024.

Pergelaran Macapat yang mengusung tema Rikat Rakit Raket 2024 ini menjadi wadah inspirasi bagi para pelaku seni dan masyarakat untuk terus bergerak maju dalam upaya pelestarian seni macapat. Dengan semangat bergerak cepat, saling melengkapi, dan mendukung satu sama lain, bersama-sama dapat saling menjaga dan mengembangkan warisan budaya.
Pagelaran ini mengandung makna agar semua pelaku seni di Kota Yogyakarta terus bergerak cepat dalam upaya pelestarian dan pengembangan macapat. Saling bergerak, bekerja cepat, melengkapi dan menyempurnakan dalam berproses dan kebersamaan yang saling mendukung.

Yetty menambahkan, pelestarian budaya macapat adalah tugas bersama yang memerlukan kolaborasi dari semua pihak. Oleh karena itu, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta bekerja sama dengan berbagai paguyuban macapat, komunitas seni, dan pamulangan macapat untuk terus mendorong dan mendukung upaya pelestarian budaya.
"Hal ini juga kami lakukan melalui berbagai kegiatan, termasuk pelatihan, pergelaran, dan kompetisi yang melibatkan para seniman dan masyarakat,” ujarnya.

Pelaku seni yang terlibat dalam acara tersebut adalah Paguyuban Macapat dari 14 kemantren se-Kota Yogyakarta, Pamulangan Macapat Kridhamardawa Kraton Yogyakarta, Pamulangan Macapat Puro Pakualaman dan Komunitas Macapath Project.
"Inovasi dalam penyajian seni macapat terus dilakukan oleh Disbud Kota Yogyakarta agar tetap relevan dengan perkembangan zaman. Ini dilakukan dengan mengintegrasikan elemen-elemen modern dalam pertunjukan tradisional, sehingga seni macapat tetap menarik bagi berbagai kalangan masyarakat," ujar Yetty.

Pagelaran Macapat Rikat Rakit Raket kali ini berupaya mengintegrasikan seni macapat dengan iringan gamelan dan juga suguhan tarian dari Sanggar Cendhik Art Dance yang dikoreografi oleh seniman tari Agung Cendik. ”Mari kita nikmati pergelaran ini dengan penuh rasa bangga, sembari merenungkan kekayaan seni tradisi yang kita warisi. Semoga acara ini menginspirasi dan memperkuat tekad kita untuk menjaga dan melestarikan macapat sebagai identitas budaya Yogyakarta yang tak ternilai harganya,” pungkas Yetti.
Pergelaran macapat ini dihadiri ratusan warga masyarakat Kota Yogyakarta. Mereka juga disuguhi dengan jamuan angkringan gratis.
(RB/Icha Dara)

RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF