RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Dikunjungi Lebih dari 80.000 Orang, FKY 2024 Segera Berakhir

FKY 2024 | 18 Oktober 2024
Dikunjungi Lebih dari 80.000 Orang, FKY 2024 Segera Berakhir

Festival Kebudayaan Yogyakarta 2024 "Umpak Buka" di Lapangan Bawuran, Bantul, segera berakhir. Riuh, padat, di bawah terik menyengat, tidak menyurutkan antusias warga Bantul dan Yogyakarta dengan total 80.000 lebih untuk menjadi bagian dari peristiwa kebendaan selama berlangsungnya FKY 2024. Penutupan ini bukan berarti disudahi, karena tahun depan FKY masih berlanjut dengan roadmap tematik; Adat Istiadat, Bahasa, dan Nilai-nilai Budaya. Keberlanjutan FKY berupaya mengiringi dinamika masyarakat Yogyakarta, sehingga FKY tidak hanya dijalankan bahkan dimiliki oleh sebagian kalangan melainkan kepunyaan dari seluruh masyarakat Yogyakarta.

Berakhirnya berbagai program utama menjadikan FKY 2024 mengguratkan jejak langkah dalam penjelajahan jagad benda di Bantul. Program Jelajah Budaya dengan ketiga sub-programnya telah berhasil melakukan pencatatan istilah warga melalui Telusur Tutur, mengaktivasi benda dan situs-situs bersejarah bersama barisan pramuka dalam Paramuka, serta mempelajari pengetahuan dan pembuatan benda pada kelas Lokakarya. FKY Rembug berhasil menziarahi keilmuan tokoh-tokoh penting yang memiliki ikatan dengan Pleret, menciptakan ruang diskusi kritis serta inklusif, dan menempatkan pelaku-pelaku benda dalam masyarakat sebagai tokoh vital. Pasaraya Benda sudah menghadirkan benda pada aktivitas transaksi, memberikan kontribusi ekonomi masyarakat. Pawon Hajat Khasiat senantiasa menyuguhkan hidangan lezat dari khazanah lokalitas warga Bantul untuk mengisi perut seluruh pengunjung FKY 2024. Masih banyak lagi program dan hasil FKY 2024 yang dapat lengkap dilihat di fky.id.

Selama 9 hari berlangsung FKY 2024 sudah menjalankan 32 program, keterlibatan pelaku seni dan kebudayaan di dalamnya mencapai 2.017 orang. Pada saat pembukaan FKY 2024 sebelumnya, Dian Lakshmi Pratiwi, SS. M.A (Kepala Dinas Kebudayaan DIY) sempat berujar bahwa FKY memiliki dampak ekonomi masyarakat yang nyata. Hal tersebut terjawab melalui data pemasukan dari keseluruhan aktivitas ekonomi FKY 2024 mencapai Rp324.937.475 (Tiga Ratus Dua Puluh Empat Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh Tujuh Ribu Empat Ratus Tujuh Puluh Lima Rupiah). Menariknya lagi, FKY 2024 berhasil menciptakan lingkungan bersih selama berlangsung. Total Sampah 189.115 Kg lebih dikumpulkan oleh tim kebersihan FKY 2024 guna dikelola secara mandiri. Maka begitu FKY juga dapat menjadi representasi bahkan contoh dari usaha pengelolaan sampah di Yogyakarta.

Geliat benda sebagai kebudayaan dalam tema "Umpak Buka" FKY 2024 sukses menciptakan perhatian tersendiri. Narasi-narasi tentang kebendaan selama kegiatan FKY 2024 gencar mengudara melalui berbagai postingan di sosial media menjangkau sebanyak 2.200.000 pemirsa. Laman fky.id bahkan dikunjungi oleh berbagai kalangan netizen luar negeri mulai dari, United States, Singapore, Belanda, China, Jepang, Norway, Cambodia, Canada, Germany, United Kingdom, Australia, France, Italy, dan masih banyak lagi. Dengan total pengunjung website mencapai 18.819 netizen. Data ini memperlihatkan bahwa FKY 2024 tidak hanya diikuti secara antusias di lapangan melainkan juga di sosial media.

FKY 2024 akan ditutup di Lapangan Bawuran, Tegalrejo, Kalurahan Bawuran, Kapanewon Pleret, Kab. Bantul, DIY, pada 18 Oktober 2024. Banyak penampilan menarik dipentaskan di Panggung FKY 2024 dari siang sampai malam mengisi penutupan. Para penampil di penutupan didukung oleh Disbud Bantul, mereka adalah, Pentas Kesenian Jathilan (Fasilitas Komunitas Seni), Pentas Kesenian Reog Wayang, Tari & Gamelan Anak-anak, Pentas Kesenian Sendratari "Prabawangi Prabasa Jenggala", Pentas Kesenian Tari Garapan "Bandung Bondowoso", Kesenian Musik Kontemporer Plentong Konslet, Flashmob Jathilan Diponegoro, Kesenian Tari Fire Dance Sanggar Flownesia, TTM Akustik, dan Shaggydog. Info lebih lanjut mengenai informasi terkait dapat dibaca di fky.id.



RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF