RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Tetapkan Calon Legislatif Terpilih, KPU Kota Yogyakarta Gelar Rapat Pleno

Icha Dara | 29 Mei 2024
Tetapkan Calon Legislatif Terpilih, KPU Kota Yogyakarta Gelar Rapat Pleno

Yogyakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta resmi menetapkan 40 kursi untuk calon legislatif terpilih pada Pemilu 2024 yang diselenggarakan pada Februari lalu. Penetapan tersebut diumumkan pada Rapat Pleno Terbuka yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryo Samudro di The Malioboro Hotel Yogyakarta, Selasa (28/5/2024).

Penetapan calon anggota legislatif di Kota Yogyakarta bisa dibilang paling akhir bila dibandingkan dengan wilayah lain. Hal ini dikarenakan sempat terjadi perselisihan hasil pemilu yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Oleh karena itu, penetapan hasil Pileg baru dilakukan setelah proses di MK selesai dan mendapat arahan dari KPU RI.
"Tanggal 21 Mei 2024 diputuskan (MK) dan kami mendapatkan surat dinas dari KPU RI untuk segera menetapkan perolehan kursi dan penetapan anggota terpilih DPRD Kota Yogyakarta," kata Harsya.

Harsya menambahkan, dengan ditetapkannya calon anggota legislatif tersebut maka tahapan Pemilu 2024 telah selesai. Menariknya, pada pemilu 2024 di Kota Yogyakarta ini terdapat calon legislatif perempuan terpilih termuda yakni berusia 23 tahun.

Komisioner KPU Kota Yogyakarta Divisi Teknis Penyelenggaraan, Erizal menambahkan, hasil penetapan anggota DPRD Kota Yogyakarta tersebut menjadi dasar bagi parpol agar diteruskan ke caleg terpilih. Terutama untuk memproses Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Selanjutnya, LHKPN tersebut juga diserahkan ke Gubernur DIY melalui Wali Kota Yogyakarta untuk proses pelaksanaan pelantikan. Sesuai rencana, pelantikan anggota DPRD Kota Yogyakarta 2024-2029 akan digelar pada 12 Agustus 2024 mendatang.

Nantinya, KPK akan mengakomodir melalui parpol di tingkat pusat. Tetapi LHKPN maksimal harus diserahkan paling lambat 21 hari sebelum pelantikan atau 20 Juli 2024. Sehingga hal tersebut pun harus dipahami dengan baik oleh parpol maupun caleg terpilih.
Sementara, perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Yogyakarta 2024-2029 yang ditetapkan kali ini sesuai dengan proyeksi sebelumnya. Dari total 40 kursi DPRD Kota Yogyakarta, diraih oleh 8 parpol peserta Pemilu 2024. Terbanyak diraih oleh PDIP dengan 11 kursi disusul Partai Gerindra 5 kursi, PKS 5 kursi, Partai Golkar 5 kursi, PAN 4 kursi, Partai NasDem 4 kursi, PPP 4 kursi dan PKB 2 kursi.

Rapat Pleno Terbuka itu juga turut diberikan penghargaan oleh KPU Kota Yogya kepada sejumlah pihak. Terutama atas partisipasinya dalam turut serta kesuksesan gelaran Pemilu 2024. Pasalnya, tingkat partisipasi pemilih di Kota Yogyakarta tergolong tinggi serta tidak ada temuan pelanggaran yang diproses oleh Sentra Gakkumdu Kota Yogya.
Penghargaan di antaranya diberikan kepada Pemkot Yogya yang diterima oleh Asisten Sekda Kota Yogyakarta Yunianto Dwisutono, Polresta Yogyakarta, Kejari Kota Yogyakarta dan Kesbangpol Kota Yogyakarta.
(RBFM/Icha Dara)

RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF