RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Resital Pelatihan Dalang Anak dan Pagelaran Wayang “Wayang Cinema Anak” : Merayakan 12 Tahun UU Keistimewaan DIY dengan Lakon Amanat 5 September 1945

Dinas Kebudayaan Kota Jogja - Fuad Nugraha | 02 September 2024
Resital Pelatihan Dalang Anak dan Pagelaran Wayang “Wayang Cinema Anak” : Merayakan 12 Tahun UU Keistimewaan DIY dengan Lakon Amanat 5 September 1945

Dalam rangka merayakan 12 tahun berlakunya Undang-Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta bekerja sama dengan PEPADI Kota Yogyakarta mempersembahkan acara spesial Resital Pelatihan Dalang Anak dan Pagelaran Wayang “Wayang Cinema Anak” yang diselenggarakan pada Sabtu malam 31 Agustus 2024 di Taman Budaya Embung Giwangan.

Pada bagian Resital Pelatihan Dalang Anak menampilkan kolaborasi antara peserta Pelatihan Dalang Anak dan Karawitan Anak Putri “Pawitakarta”. Pada penampilan 15 menit tersebut, mereka memainkan adegan perang gagal pandawa melawan kurawa untuk mendapatkan wahyu Cakraningrat.

Setelah pertunjukan resital, ratusan penonton yang berjejal diajak ke amphitheater Taman Budaya Embung Giwangan untuk melihat pagelaran wayang “Wayang Cinema Anak” dengan mengangkat peristiwa bersejarah “Amanat 5 September” sebagai bentuk penghormatan terhadap perjalanan bangsa dan juga sebagai sarana edukasi bagi generasi muda tentang nilai-nilai keistimewaan Yogyakarta. Pementasan ini menggabungkan seni wayang dengan elemen sinematik yang didesain khusus untuk menarik perhatian penonton dari kalangan anak-anak.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, mengatakan, “Kami sangat antusias untuk mempersembahkan acara ini sebagai bagian dari perayaan 12 tahun UU Keistimewaan DIY. Pementasan lakon Amanat 5 September 1945 adalah cara kami merayakan kekayaan budaya kita sekaligus mendidik generasi muda mengenai nilai-nilai sejarah dan budaya melalui seni wayang”.

“Dengan menggabungkan pertunjukan seni wayang konvensional dengan teknologi sinema saat ini, dan mengemasnya dalam konsep wayang cinema, kami berharap dapat menarik minat generasi muda dan memperkuat identitas budaya kita”, imbuhnya.

Pimpinan produksi keseluruhan dari pertunjukan ini adalah Fani Rickyansyah M.A. Sedangkan pelatih Resital Pelatihan Dalang Anak dari Pepadi Kota Yogyakarta terdiri dari : Bayu Aji Nugroho, Wahyu Prasetyo Aji, Gregorius Pradana Ardyamukti, Ebenheser Wahyu Armanto, dan Brang Pamadi. Mereka bertugas sebagai pelatih/instruktur yang membersamai 24 (dua puluh empat) anak usia 7-14 tahun selama mengikuti Pelatihan Dalang Anak setiap hari Minggu di Kantor Dinas Kebudayaan Jl Kemasan 39 Kotagede Yogyakarta.

Sementara untuk pertunjukan Wayang Cinema Anak didampingi oleh Aneng Kiswantoro, Risang Aji Wardaya Putra, Rendra Lutfi Airlangga, dan Gabriel Christian. Selain menyusun konsep dan melatih anak-anak, tim ini juga yang mengatur tata panggung untuk wayang cinema

Acara ini terbuka untuk masyarakat umum dan tidak dipungut biaya sehingga dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat luas untuk menikmati pementasan wayang yang memukau. Selain itu, penonton juga diajak untuk berpartisipasi dalam merayakan kekayaan sejarah dan budaya Yogyakarta.

RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF