RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Bingung Mau Sarapan Apa? Ini Dia Rekomendasi Soto di Yogyakarta

Icha Dara | 11 September 2024
Bingung Mau Sarapan Apa? Ini Dia Rekomendasi Soto di Yogyakarta


Di Yogyakarta ada banyak tempat makan soto yang terkenal enak dan cocok disantap untuk sarapan. Terutama saat cuaca sedang dingin dan hujan.

Menelusuri sejarah soto, kuliner yang satu ini termasuk makanan yang kaya budaya dan kaya rasa. Tak hanya itu, ternyata soto merupakan kuliner hasil akulturasi Indonesia, Cina bahkan India. Di dalam buku "Nusa Jawa: Silang Budaya", soto disebutkan berasal dari Cina. Namun awalnya bernama caudo, kemudian menjadi tauto, saoto, sroto atau soto mengikuti lidah orang Indonesia. Kunyit, salah satu empon-empon yang digunakan untuk bumbunya diduga mengikuti masakan India. Sedangkan budaya Indonesia berpartisipasi menambahkan bumbu-bumbu khas daerah sehingga tercipta aneka kuliner soto nusantara.

Di Yogyakarta ada banyak tempat makan soto yang terkenal enak. Jenis soto yang disajikan beragam, mulai dari soto lenthok hingga soto sampah.
Berikut Retjo Buntung rekomendasikan 5 soto enak di Yogyakarta yang cocok untuk sarapan.

1. Soto "Tahu" Kemasan Mbah Wongso
Soto unik satu ini merupakan rekomendasi pertama di Yogyakarta. Warung ini menjual soto daging dan soto ayam yang dihidangkan dengan tambahan lenthok, uniknya pelanggan dapat menambahkan daun kemangi yang dihidangkan setelah memesan. Kuah sotonya juga gurih dan ringan membuatnya cocok disantap untuk sarapan.

Harga satu porsi soto Rp 12.000, selain itu disediakan juga babat dan iso sebagai menu tambahan.
Pemiarsa dapat menikmati seporsi soto tahu kemasan setiap hari mulai dari pukul 06.00-14.00 WIB.
Lokasi Soto Tahu Kemasan Mbah Wongso ada di Jalan Kidul Ringroad Selatan, Singosaren III, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul.

2. Soto Lamongan Asli Cak Apip
Ada yang kangen dengan soto lamongan Jawa Timur? Bisa mampir di Soto Lamongan Cak Apip, rasanya mendekati soto lamongan di kota asalnya, loh. 

Soto ini disajikan dengan daging ayam kampung dengan tambahan koya yang bebas ambil sepuasnya. Selain itu, ada juga pendamping makan soto seperti gorengan hingga sate-satean.
Tidak hanya menjual soto, Cak Apip juga menyediakan menu rawon.

Harga soto per porsinya mulai Rp 9.000 saja, dengan pilihan nasi atau lontong. Jam operasional setiap hari, pukul 06.00-16.00 WIB. Soto Lamongan Asli Cak Apip berlokasi di Jl. Sorowajan No.109, Modalan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaen Bantul.

3. Soto Daging Sapi Pak Ngadiran
Bagi warga Gejayan dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi dengan soto yang satu ini ya. Di sini pemiarsa bisa mengambil gorengan yang disediakan di dekat kasir, untuk minuman pun ambil sendiri.

Selain itu, Soto Pak Ngadiran menyediakan juga babat iso sebagai teman menyantap seporsi soto daging.

Harga soto mulai dari Rp 12.000, bisa pesan nasi campur atau pisah. Jam operasional setiap hari, pukul 06.00-17.00 WIB. Soto ini berlokasi di Jl. Sanca No.120B, Karang Gayam, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman.

4. Soto Betawi Bang H. Pitung
Sedang ingin menyantap soto betawi? Jika iya, datang saja ke warung Soto Betawi Bang H. Pitung dan rasakan kegurihan kuah soto betawi yang khas.

Pilihan menu di warung ini beragam, ada soto betawi ayam dan soto betawi campur yang berisi daging dan jeroan. Satu porsinya diberi harga antara Rp 10.000 - Rp 14.000. Pemiarsa bisa juga tambah daging, jeroan, maupun ayam suwir dengan harga Rp 4.000 - Rp 7.000.

Soto Betawi Bang H. Pitung buka setiap hari pukul 08.00-18.30 WIB dan berlokasi di Jalan Juminahan Nomor 12, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta.

5. Soto Sampah
Bagaimana jika nama soto bersanding dengan sampah? Ya, namanya Soto Sampah. Salah satu kuliner yang melegenda di Jogja. Menurut penuturan dari penjual, asal muasal penamaan Soto Sampah berasal dari pelanggan yang sering makan di sana. Berawal dari banyaknya lauk pendamping yang dicampur dengan soto, sehingga terlihat seperti sampah.
Tapi jangan salah, meskipun namanya seperti itu tapi rasanya juara dan pastinya jadi rebutan para pengunjungnya.

Dalam satu porsinya akan penuh berisi dengan tauge, kol, bihun, gajih sapi, juga siraman kuah soto berkaldu kuning yang nikmat. Meskipun tampilanya terkesan acak-acakan, tapi saat mencobanya dijamin akan susah untuk berhenti mengunyah.

Harga setiap porsi soto beragam mulai dari Rp 9.000 saja, selain itu bisa juga memesan setengah porsi atau bahkan porsi double. Keunggulan dari Soto Sampah ini, jam bukanya lebih lama dari soto lainnya yaitu mulai jam 7.00 pagi hingga jam 3.00 dini hari. dan berlokasi di Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta.

Nah, itu dia 5 rekomendasi sarapan soto yang ada di Yogyakarta. Mana nih yang jadi soto favorit pemiarsa?

(Retjo Buntung/Icha Dara)

RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF