RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Sayang Dilewatkan! Kirab Budaya Ireda Fest 2024 Sajikan Arak-arakan Gunungan Berisi Kerajinan

Icha Dara | 19 September 2024
Sayang Dilewatkan! Kirab Budaya Ireda Fest 2024 Sajikan Arak-arakan Gunungan Berisi Kerajinan



Warga Kelurahan Keparakan, Kampung Dipowinatan, Pujokusuman, Keparakan Lor dan Keparakan Kidul menggelar Ireda Fest 2024 sebagai langkah nguri-uri potensi seni, budaya dan ekonomi lokal, pada 21 September 2024, pukul 06.00 WIB hingga malam.

Melalui bazar UMKM, pelaku usaha ekonomi kecil diwadahi oleh forum UMKM Keparakan dan MG 1 yang diinisiasi LPMK Keparakan dengan menggelar dagangan dan potensi usaha yang dimiliki.
Uniknya, warga dari Keparakan Kidul membuat gunungan berisi kerajian sandal yang merupakan potensi usaha lokal untuk diperebutkan seusai kirab budaya yang digelar siang hingga sore hari.

“Ada empat gunungan yang merupakan representasi potensi lokal baik budaya, seni maupun ekonomi yang berkembang di warga kami. Gunungan akan diarak pada kirab budaya dan bisa diperebutkan di akhir karnaval. Ada gunungan kerajian, gunungan bakpao dan arem-arem, gunungan jajan pasar dan juga gunungan sayur mayur,” jelas Ketua Panitia Ireda Fest 2024, M Wahyu Sugianto, (18/9).

Tercatat akan ada sekira 54 kelompok UMKM yang tampil di bazar. Mereka dikelompokan berdasarkan asal kampung masing-masing yaitu Dipowinatan, Pujokusuman, Keparakan Lor, dan Keparakan Kidul dengan bidang usaha mulai dari kerajian hingga kuliner.

Ada pula gelaran seni sebagai pengutamaan potensi seni dan budaya lokal yang dikembangkan oleh warga pada hari yang sama (21/9), pukul 19.30 WIB.
Gelaran itu diawali dengan tampilan uyon-uyon dari paguyuban Ngudi Laras Keparakan Lor dan diikuti tampilan potensi seni dari 13 RW. Seluruh kesenian yang disajikan merupakan seni milik warga Keparakan.

Sementara di puncak acara malam pentas seni ada pagelaran Kethoprak dari Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) Keparakan dengan lakon “Laskah Hantu Maut”.
“Kita memilih untuk mengangkat potensi milik warga, agar mereka tidak menjadi penonton di rumah sendiri. Warga punya potensi UMKM, seni, dan budaya, ini kita utamakan agar mereka bisa berdaya dan potensi warga ini semakin bisa terasah dan semakin berkilau,” ujar Lurah Keparakan, Yusup Ahbari ST.

Selain itu, Ireda Fest 2024 dimeriahkan juga dengan iring-iringan kirab budaya oleh dua kelompok bregodo yang dikelola oleh warga Kampung Dipowinatan dan Keparakan Lor. Masing-masing diantaranya adalah bregodo Dipo Satrio yang dikembangkan warga Kampung Dipowinatan dan bregodo Wedhung Basworo yang dibentuk warga Keparakan Lor.

Kirab budaya itu menjadi atraksi seni yang akan sangat disayangkan untuk dilewatkan, sebab kelompok pasukan replika dari bregodo Kraton Yogyakarta tersebut sudah malang melintang di acara-acara kesenian yang digelar di Kota Yogyakarta maupun DIY.

(Retjo Buntung / Icha Dara)

RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF