RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA
LIVE STREAMING
RETJO BUNTUNG 99.4 FM JOGJA

Bangkitkan Semangat Sastra, Disbud Kota Jogja Gelar Lokakarya Sastra Cyber

Icha Dara | 13 September 2024
Bangkitkan Semangat Sastra, Disbud Kota Jogja Gelar Lokakarya Sastra Cyber


Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menggelar Lokakarya Alternate Universe dan Fanfiction: Kanvas Baru Sastra Kontemporer.
Acara ini merupakan bagian dari pra-acara Festival Sastra Yogyakarta 2024 di Taman Pintar, Jumat (13/9).

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Yetti Martanti mengatakan, lokakarya memiliki peran penting dalam membangkitkan semangat dan kepekaan generasi muda terhadap sastra populer.
Harapannya, generasi muda tidak hanya fokus pada karya sastra konvensional, namun dapat berkembang dengan karya sastra kontemporer seiring perkembangan zaman.

Menurutnya, acara ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin menggali wawasan terkait dunia kepenulisan dan pengetahuan sastra cyber.
"Acara ini juga menjadi pintu pembuka bagi masyarakat untuk menciptakan karya-karya sastra, digital maupun konvensional. Juga membuka kepekaan kita bahwa alternate universe telah mewarnai Kesusastraan Populer Indonesia,” lanjut Yetti dalam pembukaan acara Lokakarya Sastra Cyber di Sciences Theater Taman Pintar Yogyakarta, Jumat sore.

Dalam acara ini, hadir juga penulis Alternative Universe yaitu Titania Priantika dan Filiana Nur Wahiddah yang memberikan pemaparan materi tentang sastra cyber, wawasan Alternate Universe hingga tata cara penulisannya.
Dalam karyanya, mereka mengangkat budaya tradisi Jawa dan mengkolaborasikannya melalui media sosial.

Gelaran Lokakarya Sastra Cyber menjadi gebrakan baru bagi Festival Sastra Yogyakarta, sebab sasta telah berkembang dari era konvensional menuju era digital. Hal itu juga menjadi cara untuk memberikan wawasan kepada masyarakat Kota Yogyakarta terkait Kesusastraan Populer Indonesia.

(Retjo Buntung/Icha Dara)

RETJO BUNTUNG FM

CITRA RADIO KELUARGA, begitulah kami dikenal oleh Pemiarsa di Seluruh Nusantara. Radio yang selalu memutar tembang - tembang terbaik dengan nuansa Klasik yang membuat para pendengar bernostalgia dengan suasana Jogja.

Jl. Jagalan - Beji No.36, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
(0274) 515670
Copyright © 2021 RETJO BUNTUNG FM

WHATSAPP INTERAKTIF